Simple Minimalis

Template Blog SEO Friendly, Responsive, Simple, Minimalis, Fast Loading

Pengertian & Tips SEO On Page

Pengertian & Tips SEO On Page
Pengertian & Tips SEO On Page.

SEO On Page artinya adalah optimisasi mencari di dalam blog atau website, termasuk penggunaan template dan trik SEO di posting blog.

Tips SEO On Page
Kata kunci pada judulTempatkan kata kunci (keywords) yang dibidik pada judul posting (tulisan). 

Kata kunci ini memberikan gambaran kepada mesin pencari tentang isi blog/posting. Letakkan kata kunci di awal judul agar mudah dikenali oleh calon pengunjung dan mesin pencari.

Komposisi kata kunci di posting
Persentase kemunculan kata kunci jangan berlebihan (keywod stuffing). Sebaiknya membuat komposisi kata kunci antara 1% sampai 5% dari jumlah kata dalam tulisan. Posting 500 kata kepadatan kata kunci (keyword density) adalah 1% alias 5-10 kata kunci.

Keyword di paragraf pertama dan terakhir
Selain pada judul, kata kunci yang ditembak sebaiknya diletakkan juga di paragraf pertama dan paragraf terakhir.

Jumlah kataDalam melakukan on-page SEO, Anda juga harus memperhatikan jumlah kata. Menurut beberapa pengamat SEO, jumlah kata berdampak penting kepada posisi di hasil penelusuran mesin pencari.

Jika membidik kata kunci yang tinggi persaingannya, sobat sebaiknya membuat postingan dengan panjang minimal 1.500 kata. Dilihat dari sisi manusia dan mesin pencari, jumlah kata tersebut cukup memberikan penjelasan mendalam tentang kata kunci atau topik yang dibahas. Dengan kata lain, postingan Anda kaya akan makna atau manfaat.

Format Heading
Format heading (H2, H3, dan seterusnya) dapat digunakan juga untuk mengoptimalkan struktur posting blog.
Alt image text
Mesin pencari dapat mendeteksi gambar melalui teks alternatif untuk gambar (alt text). Untuk tujuan tersebut, buat teks alternatif sebaik mungkin. Beberapa praktisi SEO menyarankan teks alternatif ini diisi dengan kata kunci yang dibidik.

Internal link
Jangan lupa untuk membuat tautan ke postingan sobat sebelumnya (dikenal sebagai internal link). Selain memberikan sinyal keterkaitan postingan kepada mesin pencari, tautan internal juga memberikan informasi tambahan kepada pengunjung.

External link
Tips SEO On Page berupa tautan ke luar ini kurang diperhatikan banyak blogger. Selain tautan internal, buat juga tautan ke blog atau situs orang lain yang terpercaya (external link). Tujuannya memberikan sinyal kepada mesin pencari bahwa postingan sobat mengacu ke sumber atau referensi terpercaya. 

Latent Semantic Indexing
Jangan hanya menabur keyword pada posting. Sebaliknya, tabur juga kata kunci yang relevan dengan kata kunci yang dibidik. Relevansi ini termasuk Latent Semantic Indexing (LSI). Contoh mudahnya, variasikan kata kunci yang semakna, seperti Persib Bandung dan Maung Bandung digunakan bergantian; MU, Manchester United, Setan Merah, The Red Devils, juga digunakan bergantian.

Penggunaan LSI bertujuan memberi sinyal kepada mesin pencari bahwa postingan kita "alamiah" karena mengedepankan konteks, bukan teks.

Kecepatan loading blog
Kecepatan loading blog atau loading speed sangat penting karena mempengaruhi loyalitas pengunjung blog. Google memasukkannya sebagai salah satu faktor pemeringkatan di hasil penelusurannya (SERP).

Sumber "Pengertian & Tips SEO On Page": 




7 comments:

Pengertian & Tips SEO On Page